Ibu Wajib Tahu Perbedaan Popok Sekali Pakai, Popok Kain, dan Clodi


Ketika buah hati lahir ke dunia, salah satu pertimbangan para orangtua dalam perawatan bayi adalah memilih popok bayi yang tepat. Tak seperti orangtua pada masa dahulu yang lebih senang menggunakan popok kain untuk si Kecil, orangtua masa kini banyak yang lebih memilih menggunakan diapers hingga clodi.
 
Bagi Anda yang masih bingung memilih popok bayi yang tepat bagi buah hati, simak perbedaan popok sekali pakai, popok kain, dan clodi berikut ini!
 

Popok Sekali Pakai (Diapers)

Jenis popok yang satu ini banyak ditemukan di pasaran, dengan beragam merek, harga, serta model yang bisa dipilih. Di musim hujan, pemilihan diapers dianggap lebih efektif dan menguntungkan karena ibu tak perlu mencuci dan mengeringkan popok agar dapat dipakai kembali.
 
Diapers umumnya terbuat dari plastik dan mengandung bahan kimia, namun teknologi penyerapan diapers lebih baik dari popok kain ataupun clodi. Penggunaan diapers pun sangat mudah, Anda hanya perlu merekatkan perekat ataupun langsung dipakai layaknya celana.
 

Popok Kain

Popok kain sudah banyak digunakan sejak dahulu, jauh sebelum diapers dan clodi diciptakan. Popok yang terbuat dari kain ini dianggap tidak efektif dan jauh dari kata praktis, karena Anda harus segera mencuci popok sesaat setelah si Kecil buang air kecil atau besar.
 
Meskipun begitu, masih banyak orangtua yang memilih menggunakan popok kain untuk buah hati mereka karena dianggap lebih aman dan nyaman. Dengan menggunakan popok kain, risiko terkena ruam popok pun dapat teratasi karena bahan popok kain yang ramah di kulit bayi.
 

Clodi

Clodi atau cloth diapers adalah popok berbentuk layaknya diapers namun terbuat dari kain, sehingga dapat dikatakan clodi merupakan perpaduan dari diapers dan juga popok kain.
 
Clodi didesain dengan warna dan motif yang menarik, umumnya memiliki bagian dalam yang tebal serta bagian luar yang waterproof atau tahan air. Meskipun harganya terbilang tak murah, namun penggunaan clodi dianggap lebih hemat karena dapat dipakai berulang kali dengan cara dicuci dan dijemur layaknya popok kain.
 

Kapan Waktu yang Tepat Ganti Popok Bayi?

Tak sedikit orangtua yang beranggapan bahwa mengganti popok bayi pada saat popok sudah penuh atau bocor saja. Padahal, waktu mengganti popok yang tepat adalah bergantung pada keaktifan si Kecil.
 
Misalnya si Kecil aktif, banyak minum ataupun banyak bergerak, dalam waktu 2 hingga 3 jam Anda perlu untuk mengecek kondisi popok. Namun apabila si Kecil kurang aktif, misalnya sedang tidur hingga 5 jam, biarkan saja dan tak perlu sering-sering mengeceknya. Segera ganti popok apabila sudah dalam kondisi penuh, agar kulit bayi tidak iritasi ataupun infeksi.
 
Demikianlah informasi mengenai perbedaan popok sekali pakai, popok kain, dan juga clodi yang wajib diketahui para orangtua. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ibu Wajib Tahu Perbedaan Popok Sekali Pakai, Popok Kain, dan Clodi"

Posting Komentar