Gluten adalah: Rekomendasi Makanan Tanpa Gluten dan Bahayanya


Gluten adalah salah satu jenis protein yang terdapat pada gandum dan selai, biasanya terdapat pada makanan dari biji-bijian. Sekarang ini terdapat istilah gluten free yang bukan nutrisi spesial. Jika mengonsumsi makanan kemasan dengan gluten free maka makanan tersebut tidak mengandung suatu protein gluten. Makanan gluten free diberikan untuk penderita celiac dan manfaat gluten tidak akan dirasakan jika dikonsumsi. Walaupun makanan dari biji-bijian memiliki potensi untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan diabetes tetapi juga dapat menurunkan nutrisi magnesium, kalsium, zat besi, zinc dan serat.

Makanan bebas gluten dapat dipilih sesuai dengan tipe instan dan tipe tepung makanan bebas gluten dapat berbentuk instan produk yang diolah tanpa merepotkan dengan memperhatikan kandungan bahan dari serat pangan, vitamin dan kolagen, sedangkan tipe tepung dengan bahan bubuk almond, beras, jagung, kedelai dan soba dengan memperhatikan tekstur dari bahan baku yang serupa sehingga akan membuat masakan lebih variatif. Untuk makanan bebas gluten sebaiknya memiliki bahan additive yang aman dikonsumsi sehingga menimbulkan alergi yang memiliki sertifikat GFCO sehingga akan dapat menjadi pilihan memandu makanan.

Berikut adalah rekomendasi makanan tanpa gluten diantaranya:
  • Carman’s Deluxe Gluten Free Muesli dari biji-bijian, madu dan kacang sebagai pemanis alami dengan nutrisi sehingga akan mengurangi resiko diabetes melitus tipe 2.
  • Organ Rice and Corn Macaroni diolah dari jagung dan beras berkualitas tanpa GMO yang diolah seperti pasta dan memiliki nutrisi dibandingkan dengan pasta gandum.
  • Javara Gluten Free Multi Purposes Mix Flour dengan kombinasi jenis tepung yang diolah untuk berbagai makanan hingga makanan bayi, kuliner asli dari tanaman tanpa bahan pengawet.
  • Ladang Lima Bread Mix untuk membuat adonan roti dengan mengaduk ratanya dengan tepung ditambahkan air, memiliki rasa manis alami tanpa menggunakan zat aditif yang lebih sehat dikonsumsi.
  • Ladang Lima Blackmod Cookies untuk biskuit rasa coklat dengan bahan flaxseed sebagai pemanis alami dengan gula aren, kacang almond, camilan sehat yang mengurangi diabetes dan menambah suasana hati.
Makanan yang mengandung gluten yaitu roti dari selai dan gandum, termasuk bagel, pizza, burger dan muffine. Sebaiknya memilih roti dari kentang dan tepung beras serta memperhatikan label bebas gluten. Mie instan memiliki gluten tepung yang tinggi, sedang, rendah. Penggunaan tepung terigu ini memberikan hasil berbeda sehingga menghasilkan tekstur lebih keras. Sereal memiliki gluten yang terbuat dari gandum, begitu juga dengan pasta seperti spageti, makaroni maupun fettucine. Kue dan biskuit juga dari bahan gandum termasuk nastar, getuk lindri dan putu mayang memiliki gluten.

Berikut adalah bahaya gluten diantaranya:
  • Penyakit celiac yang menyebabkan konstripasi, perut kembung maupun diare, mengganggu sistem pencernaan, penyakit jantung, penyakit syaraf, anemia.
  • Mengalami intolerensi gluten sehingga menyebabkan rasa lemas, nyeri sendi dan sakit kepala tetapi tidak terjadi kelainan pada usus.
  • Tidak baik untuk penderita penyakit autoimun seperti grave, rheumatoid arthritis dan hashimoto sehingga perlu melakukan diet bebas gluten.
Gluten adalah salah satu bagian dari jenis diet yang sedang banyak dilakukan. Diet bebas gluten dapat dilakukan untuk beberapa kondisi penyakit tertentu. Diet ini dengan cara melakukan pembatasan pada makanan olahan gandung dan mengganti makanan alternatif. Makanan bebas gluten tidak memiliki nutrisi yang lengkap sehingga perlu melakukan konsultasi untuk memastikan kekurangan serat, mineral dan vitamin dapat dicukupi sama dengan makanan yang memiliki gluten.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gluten adalah: Rekomendasi Makanan Tanpa Gluten dan Bahayanya"

Posting Komentar