Ini Dia Trik Jitu Dapat Kerja, Tutorial Blog untuk Web Portofolio Sendiri

Ini-Dia-Trik-Jitu-Dapat-Kerja-Tutorial-Blog-untuk-Web-Portofolio-Sendiri

Di zaman digital dimana semua serba teknologi, maka kita sebagai sumber daya manusianya pun juga harus mampu menguasai. Jangan sampai kita yang malah dikuasai teknologi. Salah satu tips menguasai teknologi dalam bidang pekerjaan adalah membuat web portofolio. Web khusus untuk para pekerja lepas ini sangat mudah dibuat. Yuk, ikuti tutorial blog membuat web portofolio resmi. Yuk, check them out! 

Langkah Mudah Membuat Web Portofolio 

Memiliki sebuah web portofolio berarti menandakan jika Anda adalah seorang pekerja profesional, siap menghadapi kemajuan zaman, dan tidak terlibas teknologi. Sejatinya, di dalam web portofolio mengandung beberapa informasi, yakni skill, karya, dan biodata pemilik. 

Adapun tips sederhana dalam tutorial blog kali ini dalam membuat web portofolio adalah sebagai berikut : 

1. Membuat dan Mendaftarkan Domain 

Untuk bisa memiliki web online, maka Anda harus membuat sebuah web berdomain dan mendaftarkannya untuk dilisensi ke nama domain Anda. Banyaknya mereka yang ingin menjadi freelance profesional sekarang ini sering membuat proses ini terkadang menjadi rumit. Tidak hanya itu, pastikan nama domain Anda menjual, bernilai baik, dan tidak jauh-jauh dari identitas nama Anda sendiri. 

2. Pilih Web Hosting Terpercaya 

Setelah membuat nama domain dan hendak mendaftarkannya, maka Anda harus mampu memilih mana web hosting yang terpercaya di mata Anda. Mulailah dengan memilih hosting yang cukup sederhana. Jika Anda puas dan ingin lebih, maka Anda bisa mengupgrade website Anda. 

3. Pilih Platform Web Portofolio 

Langkah selanjutnya untuk membuat web portofolio adalah platformnya. Anda harus memilih platform yang sederhana, mudah digunakan, dan juga mencakup info sedetail mungkin. Sebagai contoh, para web portofolio penulis lepas biasanya memilih platform dengan tidak banyak fitur, menampung banyak hasil karya di interface, dan juga memiliki detail info yang kompleks. 

Nah, salah satu platform yang memenuhi tips tersebut adalah WordPress. Banyak sekali kustomisasi penggunaan yang bisa Anda pakai bahkan jika Anda masih sangat awam tentang tema satu ini. selain WordPress, masih ada Joomla! Dan juga Blogspot. 

4. Tambahkan Plugin ke Web Anda 

Jika Anda memakai WordPress, ada setidaknya 7 jenis Plugin yang bisa Anda install dan aktifkan. Harganya pun variatif, mulai dari yang gratis hingga berbayar. 

5. Tambahkan Fitur Kontak 

Untuk mempermudah calon klien dalam menghubungi Anda atau memesan job, maka Anda bisa menambahkan fitur kontak atau bisa dibilang contact form. Tentunya agar semua transaksi aman dan nyaman, fitur ini harus diaktifkan lebih dulu. Di WordPress sendiri juga banyak terdapat Plugin untuk install contact form. 

6. Tambahkan Profil Diri Singkat 

Di tahap ini, Anda perlu menambahkan galeri dan data diri singkat. Selain untuk mempermudah calon klien, penambahan profil diri juga berguna untuk mempercantik tampilan website. Selain itu, Anda juga bisa menjaring calon konsumen dengan menambahkan fitur satu ini. 

7. Mulai Proyek Anda 

Terakhir, jika semua tahapan sudah selesai dan ada klien yang menghubungi, maka Anda harus mencari tahu lebih dulu proyek seperti apakah yang dipesan. Jangan asal ambil saja. Pasalnya, Anda harus melihat kemampuan dan juga berbagai biaya yang menyertainya. 

Demikianlah uraian tentang tutorial blog cara membuat web portofolio. Semoga ulasan ini dapat memberi manfaat dan juga referensi pencarian kerja. Selain itu, diharapkan akan semakin banyak para pekerja lepas yang menyadari betapa pentingnya web jenis ini. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia Trik Jitu Dapat Kerja, Tutorial Blog untuk Web Portofolio Sendiri"

Posting Komentar