Fakta Kampung Inggris di Pare yang Harus Anda Ketahui

Fakta-Kampung-Inggris-di-Pare-yang-Harus-Anda-Ketahui

Fakta Kampung Inggris di Pare mungkin masih belum terlalu banyak yang mengetahuinya, padahal tempat ini adalah salah satu perkampungan yang sangat terkenal. Letaknya berada di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Sebelum memutuskan untuk mengunjungi tempat tersebut, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa hal terkait kampung ini. 

Profil Kampung Inggris di Pare 

Kampung Inggris merupakan sebuah perkampungan yang di dalamnya terdapat banyak sekali lembaga kursus bahasa asing. Jika dihitung-hitung, mungkin terdapat sekitar ratusan lembaga dengan menawarkan kursus bahasa Inggris dan bahasa Arab. Hal yang membuat tempat kursus bahasa Inggris di Pare dengan tempat kursus yang lainnya berbeda adalah sistem yang diterapkan. 

Jika biasanya pada tempat kursus lainnya hanya memiliki pertemuan yang terbatas, di kampung ini Anda akan diajari dengan sistem fullday, yakni hampir satu hari. Namun, tidak perlu khawatir karena tetap disediakan waktu istirahat meskipun hanya sebentar. 

Tentu sudah banyak yang mengetahui tentang keberadaan Kampung Inggris tersebut. Apalagi, kebanyakan yang mengunjungi perkampungan tersebut adalah orang-orang yang berasal dari luar daerah Pare. Namun, apakah Anda mengetahui fakta Kampung Inggris di Pare? Jika belum, maka simaklah beberapa fakta berikut. 

1. Lingkungan Belajar Kondusif 

Fakta Kampung Inggris di Pare yang menarik adalah suasana yang tercipta mirip seperti suasana belajar di lingkungan kampus. Anda akan menemui banyak orang dari berbagai daerah dan melihat berbagai makanan khas yang dijual dari berbagai daerah. 

Bahkan, seluruh fasilitas yang ada juga sangat mendukung lingkungan belajar yang asyik dan nyaman. Seperti misalnya tempat kost, cafe, rumah makan, dan masih banyak lagi yang semuanya berdekatan dengan area kursus. 

2. Sejarah 

Pada awalnya di Pare, terdapat sebuah lembaga kursus bahasa Inggris yang bernama BasicEnglishCulture (BEC). Melalui lembaga tersebutlah muncul ide untuk akhirnya mendirikan sebuah perkampungan yang khusus mempelajari bahasa asing. 

Seiring waktu, karena peluang membuka kursus di tempat tersebut sangat bagus, ada banyak lembaga yang akhirnya mendirikan kursus di tempat tersebut. Nah, hingga akhirnya sampai saat ini sudah mencapai ratusan lembaga kursus. 

3. Sepeda dan Motor adalah Alat Transportasi Paling Banyak Digunakan 

Hal yang membuat suasana di perkampungan ini mirip dengan lingkungan kampus adalah karena setiap orang menggunakan transportasi sepeda dan juga motor. Tidak ada yang menggunakan mobil, meskipun tidak ada larangan. 

Jika Anda berasal dari luar daerah dan tidak membawa kendaraan, maka tidak usah khawatir. Ada banyak sekali persewaan sepeda dan motor yang sudah disediakan oleh warga sekitar. Persyaratan untuk menyewa juga tidak terlalu rumit. 

4. Camp Area Diisi Banyak Orang 

Hal yang diwajibkan ketika menimba ilmu di kampung Inggris adalah harus menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi sehari-hari. Tidak boleh menggunakan bahasa Indonesia, apalagi bahasa daerah masing-masing. 

Bahkan saat berada di kamar, Anda juga harus tetap menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi. Untuk setiap satu kamar asrama diisi oleh banyak orang. Jangan harap Anda bisa mendapatkan 1 kamar yang bisa diisi hanya satu orang. 

5. Bahasa Penduduk Lokal 

Fakta Kampung Inggris di Pare yang sudah bukan menjadi rahasia umum adalah setiap komunikasi menggunakan bahasa Inggris. Hal tersebut sangat berguna untuk mendukung kecakapan mereka dalam mendalami bahasa Inggris. 

Namun, meskipun begitu, Anda juga bisa mempelajari bahasa daerah di perkampungan ini. Mungkin bagi para perantau yang berasal dari Jawa Timur, tidak terlalu tertarik untuk mempelajari bahasa daerahnya. Bagi para perantau yang berasal dari luar daerah Jawa tentu akan sangat berpeluang untuk juga mempelajari bahasa Jawa. 

6. Waktu Program 

Mengenai masalah waktu penerapan program, di Kampung Inggris seluruh tempat kursus menggunakan jangka waktu yang sama. Biasanya semuanya akan memulai program ketika tanggal 10 dan 25 pada setiap bulan. 

7. Tempat Nongkrong 

Banyak sekali tempat untuk nongkrong yang bisa Anda temui apabila mengunjungi tempat ini. Mulai dari cafe hingga warung semuanya didesain menjadi tempat-tempat yang menarik untuk dijadikan tempat untuk nongkrong. 

8. Tutor Didominasi Alumni 

Fakta Kampung Inggris di Pare yang dikutip dari sumber Harapan Rakyat, mengatakan jika sebagian besar tutor yang mengajarkan bahasa asing adalah alumni yang dulunya juga belajar di sana. 

Nah, itulah beberapa fakta Kampung Inggris di Pare yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk mengunjungi tempat tersebut. Mengetahui beberapa fakta tersebut sangatlah penting karena Anda juga bisa mempelajari kebudayaannya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Kampung Inggris di Pare yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar