5 Cara Mengajukan Kredit Rumah Bekas

5-Cara-Mengajukan-Kredit-Rumah-Bekas

Rumah merupakan aset atau investasi yang penting untuk dimiliki oleh setiap orang. Kini, adanya program KPR dapat memudahkan orang-orang untuk memiliki rumah. Anda mungkin sudah paham mengenai bagaimana cara mengajukan kredit rumah. Namun bagaimana jika rumah yang hendak Anda beli tersebut merupakan rumah bekas? 

Mengajukan Kredit Rumah Bekas 

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak mengambil kredit rumah bekas atau second. 

1. Cari rumah yang sesuai dan segera buat kesepakatan 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan tentu saja menemukan rumah bekas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda sudah menemukan, segeralah buat kesepakatan dengan si penjual. Jangan menunda-nunda apabila Anda sudah cocok karena bisa saja ada orang lain yang lebih dulu melakukan kesepakatan untuk rumah tersebut. 

2. Cari KPR yang sesuai 

Jika Anda sudah sepakat dengan si pemilik rumah, langkah selanjutnya adalah Anda perlu mencari bank dengan KPR yang sesuai dengan kualifikasi keuangan Anda. 

Jangan lupa untuk mempersiapkan persyaratan-persyaratan untuk membuka KPR, seperti NPWP, kartu keluarga, KTP, slip gaji, surat nikah, surat keterangan kerja, dan persyaratan-persyaratan lain yang diperlukan. Selain itu, Anda juga biasanya diminta untuk membawa dokumen lengkap mengenai rumah yang hendak Anda beli. 

3. Proses penilaian 

Cara mengajukan kredit rumah bekas selanjutnya adalah menunggu proses penilaian atau appraisal. Proses ini merupakan proses menilai kelayakan dari pihak debitur untuk pinjaman yang Anda ajukan melalui pengecekan finansial dan BI checking. Jika proses penilaian ini berjalan baik, maka bank akan menyetujui pinjaman KPR Anda. 

4. Mengurus surat perjanjian kredit 

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat surat perjanjian kredit. Dalam surat perjanjian ini, ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan, seperti suku bunga, denda, penentuan notaris, dan biaya-biaya lainnya. 

5. Tanda tangan akad 

Setelah semua proses berjalan, selanjutnya Anda bisa melakukan tanda tangan akad bersama notaris, pihak bank, dan pihak penjual. Setelah notaris mengecek keabsahan, pihak bank akan mentransfer dana yang disepakati dan beberapa sertifikat rumah akan diserahkan pada bank sebagai jaminan. 

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan seputar cara mengajukan kredit rumah untuk Anda yang sedang berniat untuk membeli rumah bekas melalui proses KPR. Semoga informasinya membantu ya!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Mengajukan Kredit Rumah Bekas"

Posting Komentar