3 Ide dan Peluang Usaha Kreatif yang Ramah Lingkungan

3-Ide-dan-Peluang-Usaha-Kreatif-yang-Ramah-Lingkungan

Lingkungan yang ramah akan sampah plastik sedang dikampanyekan oleh pemerintahan pusat hingga pemerintah kota. Misalnya pemerintah Kota Bandung yang memberikan himbauan kepada minimarket agar mengurangi penggunaan kantong plastik. Hal ini bertujuan agar lingkungan terbebas dari sampah penyebab banjir atau penyebab datangnya berbagai penyakit. Dalam mewujudkan program tersebut, para pengusaha punya ide dan peluang usaha yang membantu pemerintah dan masyarakat dalam pengelolaan sampah plastik. 

Peluang Usaha Kreatif yang Ramah Lingkungan 

Bisnis pengelolaan sampah memang sedang menjadi tren pada masa sekarang ini. Akan tetapi, penyebab ketenaran tersebut bukan berarti tidak memiliki latar belakang. Latar belakang bisnis pengelolaan sampah dibuat dikarenakan membludaknya barang-barang sekali pakai yang langsung dibuang. 

Di samping itu, pemerintah juga menenkan para pebisnis dalam berbagai bidang untuk mengurangi produk sekali pakai. Oleh sebab itulah, saat ini hadir usaha kreatif yang ramah lingkungan seperti yang akan diuraikan di bawah ini. 

1. Pengolahan Sampah 

Usaha pengolahan sampah memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, karena hanya lembaga tertentu yang mampu melakukannya. Hal inilah yang kemudian membuat lembaga independen berinisiatif membantu pengolahan sampah agar lebih ramah lingkungan. Inisiatif ini bukan berarti tidak menghasilkan profit, karena pengolahan sampah bisa menjadi sebuah ide yang kreatif dengan profit yang menjanjikan. 

Usaha pengolahan sampah ini bisa dimulai dengan pengangkutan sampah dan recycle sampah plastik maupun non-plastik. Dalam mendaur ulang sampah ini bisa Anda buat menjadi sesuatu yang bermanfaat dan tidak menjadi limbah yang merugikan lingkungan sekitar. Untuk menjalankan bisnis yang menguntungkan ini Anda bisa bertindak sebagai penyedia alat, penyedia lahan, penjual bahan pengurai sampah, dan peternak larva. 

2. Packaging Ramah Lingkungan 

Sejauh ini, plastik kemasan makanan menjadi penyumbang sampah terbesar yang mengotori lingkungan. Penemuan sampah plastik ini pun menjadi penyebab satwa laut mengalami kematian. Dengan kasus tersebut, masyarakat mulai sadar dan berupaya mengurangi sampah plastik dengan membeli kemasan yang bisa dipakai berulang kali. Nah, bisnis packaging ramah lingkungan dapat menjadi salah satu solusi pengurangan sampah plastik yang mengotori laut atau hutan. 

Ide dan peluang usaha yang dapat menggunakan kemasan tersebut misalnya food and beverage serta retail. Bisnis ini bisa mulai memproduksi packaging yang ramah lingkungan dengan kemasan yang mudah terurai atau barang tidak sekali pakai. Contoh kemasan yang mudah terurai seperti wadah yang terbuat dari kulit singkong atau jenis tumbuhan lainnya. Untuk barang tidak sekali pakai seperti menggunakan wadah yang bisa dicuci ulang dan tidak menjadi sampah. 

3. Bahan Pembantu Ramah Lingkungan 

Gaya hidup masyarakat yang ramah lingkungan bukan hanya sekedar trend dan kampanye. Sebagian masyarakat tanah air mulai terbiasa dengan gaya hidup ramah lingkungan seperti meminimalisir waste atau bahan sisa yang dapat mengotori lingkungan. Produk rumah tangga yang dapat merusak lingkungan seperti sabun misalnya dapat segera diganti dengan sabun yang terbuat dari tumbuhan. Pasalnya, sabun yang kita gunakan saat ini berpotensi merusak air tanah dan membuat hewan yang meminumnya mati. 

Demikianlah beberapa ide dan peluang usaha kreatif ramah lingkungan yang dapat Anda coba. Mulailah menjaga lingkungan dari bisnis Anda sendiri agar konsumen terbiasa menjaga lingkungan sekitar. Ide bisnis ramah lingkungan secara tidak langsung mengajarkan masyarakat untuk memilih gaya hidup sehat dan mengurangi pemakaian kemasan plastik penyebab banjir dan pembawa penyakit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Ide dan Peluang Usaha Kreatif yang Ramah Lingkungan"

Posting Komentar