Kenali Ciri-ciri Rambut Kering dan Cara Mengatasinya

Kenali-Ciri-ciri-Rambut-Kering-dan-Cara-Mengatasinya

Memiliki rambut yang sehat dan indah tentu dambaan setiap orang. Namun, pada kenyataannya tidak semudah itu merawat rambut agar tetap lembab dan berkilau. Bahkan banyak sekali perempuan yang bergelut dengan masalah rambut rusak, kering, dan bercabang. Sekilas permasalahan rambut kering memang terlihat sepele, akan tetapi jika tidak segera diatasi dapat memunculkan masalah baru. Oleh sebab itu, segeralah mencari cara merawat rambut kering agar permasalahan rambut lainnya tidak segera muncul. 

Ciri-Ciri Rambut Kering 

Rambut yang kering biasanya akan mudah kusut, susah diatur, dan memicu kerontokan bahkan kebotakan dini. Jika hal ini terjadi pada rambut Anda mungkin akan merasa stress, karena rambut merupakan mahkota yang paling indah. Nah, sebaiknya Anda segera mencari solusi bagaimana cara mengatasi rambut kering. Namun, sebelum merawatnya secara intensif, ada baiknya jika Anda mengetahui ciri-ciri rambut kering di bawah ini. 

1. Rambut Mudah Rontok 

Penyebab rambut Anda mudah kering salah satunya karena kurangnya asupan nutrisi yang mendukung pertumbuhan rambut. Ketika asupan nutrisi itu tidak terpenuhi, pada akhirnya rambut Anda akan mengalami kerontokan. Sebenarnya rambut rontok itu merupakan hal yang normal terjadi. Akan tetapi, kerontokan pada rambut kering biasanya mencapai 100 helai per hari. Hal ini tentunya bukan rontok yang normal. 

2. Rambut Tampak Kusam 

Rambut yang kusam dan tidak berkilau merupakan salah satu ciri-ciri rambut Anda mengalami permasalahan, yaitu rambut kering. Penyebab rambut tampak kusam ini ialah karena terpapar oleh sinar matahari, penggunaan catok, hair dryer, dan pemakaian cat rambut dalam kurun waktu yang cukup lama. Dalam hal ini, suhu yang panas dapat membuat rambut kehilangan kelembaban sehingga menjadi terhidrasi. Alhasil rambut Anda akan tampak kering dan kusam. 

3. Rambut Berukuran Tipis dan Mudah Patah 

Rambut kering biasanya akan tampak berukuran tipis dibandingkan dengan rambut yang sehat dan normal. Ketika rambut mulai tipis, secara tidak langsung rambut Anda akan mudah patah. Cara mengatasi rambut kering dengan ciri-ciri yang demikian, sudah sepatutnya diberi asupan nutrisi, baik dari dalam maupun luar. Misalnya mengonsumsi makanan yang mengandung zinc serta memberikan masker rambut dari luar. 

4. Rambut Mudah Kusut dan Susah Diatur 

Rambut yang mudah kusut dan sulit diatur merupakan ciri-ciri dari rambut kering. Keadaan rambut rapi setelah keramas biasanya hanya akan bertahan selama satu jam. Hal ini tentu dikarenakan rambut Anda kering. Jika Anda berusaha menyisirnya berkali-kali, kemungkinan besar rambut Anda akan semakin kusut dan skala keringnya semakin parah. Jadi, lebih baik kembalikan terlebih dulu rambut Anda dengan cara mengobatinya. 

5. Ujung Rambut Bercabang 

Rambut kering ditandai juga dengan ujung rambut yang bercabang. Hal ini disebabkan kelembaban rambut menghilang, sehingga rambut mudah rusak dan pecah. Rambut kering yang menunjukkan ujung rambut bercabang artinya permasalahan rambut ini sudah berat. Oleh sebab itu, Anda harus segera mengatasinya, bisa dengan menggunakan produk shampo khusus rambut kering. 

Demikianlah ciri-ciri rambut kering yang harus segera diobati. Cara mengatasi rambut kering ini dapat Anda coba dengan memberikan perlindungan sebelum menggunakan hair styling, menggunakan masker rambut, memberi asupan nutrisi dari dalam, keramas dengan shampo yang tepat, dan menggunakan kondisioner setelah keramas. Solusi utama dalam mengatasi rambut kering ini ialah bagaimana caranya agar rambut Anda kembali lembab dan berkilau. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali Ciri-ciri Rambut Kering dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar