Inilah 6 Jenis Bangunan yang Dipakai untuk Konstruksi

Inilah-6-Jenis-Bangunan-yang-Dipakai-untuk-Konstruksi

Saat akan membuat sebuah bangunan, banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari budget, rancangan rumah, tukang bangunan, dan bahan-bahan bangunan. Bahan-bahan bangunan menjadi hal yang harus diperhatikan agar pembangunan bisa berjalan lancar. Misalnya, jika Anda sedang membangun sebuah Café, Anda membutuhkan Canopy kain sebagai tenda untuk tempat duduk. 

Selain Canopy kain, Anda juga membutuhkan Canopy membrane untuk lahan parkir agar kendaraan bisa terlindung dari sinar matahari dan hujan. Bahan yang satu ini tentu saja terkesan lebih mewah dan cantik, sehingga sanga cocok jika digunakan untuk tempat-tempat umum seperti café, rumah sakit, bank, kantor, dan lain sebagainya. 

Selain kedua bahan di atas, tentu saja masih banyak bahan lain yang diperlukan untuk merancang sebuah bangunan. Lalu, apa saja bahan-bahan yang diperlukan? Simak ulasannya di bawah ini. 

1. Batu Bata 

Bahan yang satu ini menjadi menajdi dasar penyusun dinding yang sudah tidak asing lagi di telinga. Batu bata itu sendiri terbuat dari tanah liat yang dibakar sehingga warnanya menjadi lebih kemerah-merahan. Batu bata itu sendiri banyak jenisnya, tergantung dari cara pembuatan serta kualitas pembakarannya. Semakin bagus tentu saja semakin mahal harganya. 

Seiring berjalannya eaktu, batu bata kini tidak terlalu dibutuhkan. Kini, banyak yang lebih suka menggunakan gypsum dan bamboo karena harganya yang cenderung lebih murah. Meskipun begitu, kekokohannya tentu saja masih unggul batu bata dibandingkan kdeua bahan tersebut. 

2. Lumpur dan tanah liat 

Selain batu bata, lumpur dan tanah liat juga diperlukan untuk merancang sebuah bangunan. Lumpur dan tanah liat harus tercampur lebih halus dengan bahan bangunan lainnya agar tidak menyisakan celah yang bisa melemahkan atau mengeropos bangunan. Dengan menggunakan tanah liat dan lumpur, bangunan akan terasa lebih sejuk karena mampu unutk menahan panas yang dilepaskan dari waktu ke waktu. 

3. Batu 

Batu juga diperlukan untuk bahan konstruksi bangunan. Jenis batu tentu saja bermacam-macam, disesuaikan dengan tujuan konstruksi yang akan Anda bangun. Meskipun cukup mudah untuk ditemukan, harga batu relative mahal sehingga Anda benar-benar menyisihkn budget untuk membeli bahan yang satu ini. 

4. Kayu 

KAyu juga menjadi bahan dasar umum yang digunakan dalam proses perancangan bangunan. Zaman dahulu, kayu berbentuk gelondongan, sehinga bisa dibentuk sesuai dengan yang diinginkan. Sekarang, dengan adanya mesin pemotong kayu, Anda bisa memesan berbagai jenis kayu sesuai yang dibutuhkan. Hal ini tentu saja bisa mempercepat proses pembangunan. 

5. Semen 

Tanpa semen, bangunan tentu saja tidak akan berdiri kokoh. Bahan yang satu ini mampu menyatukan bata dan bahan-bahan lainnya sehingga bangunan bisa dengan mudah terbentuk. Untuk mendapatkan bahan yang satu ini, Anda bisa membelinya di toko material. Jika kamu sedang membangun bangunan yang besar, tentu saja Anda harus membeli semen dalam jumlah banyak, begitupuun sebaliknya. 

6. Pipa 

Bahan yang satu ini tentu tidak digunakan untuk membuat atap, fondasi bangunan, dinding, dan lain sebagainya. Pipa memiliki peranan penting dalam membuat sebuah konstruksi, yaitu dalam menghubungkan saluran air dan juga salur pembuangan, misalnya pada kamar mandi, wastafel, keran untuk mencuci mobil, dan lain sebagainya. Belilah pipa sesuai dengan yang dibutuhkan. Pastikan juga memilih pipa yang berkualitas agar tidak mudah bocor. 

Itulah enam bahan bangunan yang sering digunakan dalam proses konstruksi. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 6 Jenis Bangunan yang Dipakai untuk Konstruksi"

Posting Komentar