Bingung Mau Pake Lakban yang Mana? Ketahui Dulu 6 Jenisnya Ini


Lakban atau isolasi merupakan alat perekat yang terbuat dari berbagai macam material, seperti plastik, kertas, kain, karet, bahkan metal aluminium sekalipun. Penggunaannya pun tentu saja berbeda-beda. Misalnya, lakban protection tape yang terbuat dari plastik digunakan untuk melapisi benda-benda yang memiliki permukaan kasar, sedang, dan licin agar tidak mudah tergores oleh benda lain. 

Lakban tentu saja tidak hanya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Industri-industri besar, jasa keamanan, jasa ekspedisi pun memerlukan benda yang satu ini. Namun, tentu saja jenis lakban yang digunakan tidak sama. Lakban yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing industri maupun perorangan. 

Jenis-jenis Lakban 

Karena dibutuhkan untuk berbagai keperluan, lakban memiliki berbagai jenis dengan kegunaan yang berbeda-beda. Lalu, apa saja jenis-jenis lakban tersebut? Simak ulasannya di bawah ini. 

1. Packaging Tape 

Jenis lakban pertama yaitu packaging tape. Lakban yang satu ini memiliki tampilan bening dan juga lumayan besar, sehingga sangat cocok digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengemas barang, melapisi barang yang rusak atau terpisah, dan masih banyak lagi. 

Lakban yang satu ini tentu saja bisa ditemukan dimana-mana, bahkan warung kelontong sekalipun. Harganya pun tentu saja tidak sampai menguras dompet. 

2. Stationary Tape 

Lakban yang satu ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan packaging tape. Lakban ini terbuat dari plastik, namun ukurannya lebih kecil dari packaging tape. Oleh karena itu, stationary tape sering digunakan untuk kebutuhan sepele, seperti merekat kertas, menambal lubang kecil, melapisi uang sobek, dan masih banyak lagi. Ukurannya yang kecil tentu saja memudahkan kamu untuk membawa benda ini kemana-mana. 

3. Lakban Listrik 

Lakban listrik atau sering disebut electrical tape, umumnya memiliki tampilan warna hitam yang berbahan dasar karet. Hal ini dimaksudkan karena karet mampu untuk meredam aliran listrik yang umumnya digunakan untuk menyambungkan kabel dengan ukuran kabel, serta voltase standar rumah tangga. Harga isolasi listrik itu sendiri tentu saja bervariasi, tergantung darimana kamu mendapatkannya. 

4. Lakban kain 

Lakban kain umumnya dibutuhkan untuk keperluan percetakan. Lakban yang satu ini tentu saja terbuat dari kain yang biasa digunakan untuk penjilidan buku. Kerekatan lakban ini cukup kuat karena kekuatannya mampu mencengkram benda-benda berbahan dasar kaca atau aluminium sekalipun. Oleh karena itu, tak heran jika banyak toko buku yang menjual lakban yang satu ini. 

5. Double tape 

Lakban yang satu ini berbeda dari yang lainnya. Double tap memiliki ukuran besar dan kecil. Pada kedua sisinya diberi lem sehingga lakban yang satu ini mampu merekatkan barang secara depan belakang. Kamu bisa menggunakan lakban yang satu ini untuk menempelkan poster, membuat kliping, menempelkan foto pada album atau dinding, dan masih banyak lagi. 

6. Lakban cetak 

Lakban cetak atau sering disebut juga dengan printed tape, merupakan jenis lakban yang memiliki gambar, tulisan, atau logo sebuah brand perusahaan. Oleh karena itu, tak heran jika lakban yang satu ini banyak digunakan oleh industri-industri berskala besar, seperti perusahaan makanan, ekspedisi, elektronik, dan masih banyak lagi. 

Lakban cetak tentu saja tidak mudah didapatkan karena kamu harus memesan cetakannya terlebih dahulu. 

Itulah enam jenis lakban yang harus kamu ketahui. Pilihlah lakban sesuai dengan kebutuhan agar barang bisa melekat sempurna. Semoga artikel ini membantu. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bingung Mau Pake Lakban yang Mana? Ketahui Dulu 6 Jenisnya Ini"

Posting Komentar