Kenali 5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Kenali 5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Berkendara di kota besar yang panas tentu membuat malas. Maka kadang kita beralih menggunakan mobil saat panas terik. Walaupun berkendara dengan mobil akan bertemu masalah baru yaitu kemACetan, namun setidaknya, kita akan terhindar dari sengatan matahari. Lalu, bisakah Anda bayangkan ketika di mobil dalam kondisi siang hari yang panas tiba-tiba AC mobil tidak dingin? Hal ini seringkali dikeluhkan oleh para pengguna mobil. 

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin 

Kondisi AC yang menjadi tidak dingin tentu akan menyiksa penumpang terutama jika Anda berkendara di siang hari. Maka Anda harus memperhatikan betul kondisi AC mobil. Anda harus mengecek kondisinya dengan teratur. Jika jarang diperhatikan, bukan tidak mungkin AC mobil akan mengalami kerusakan sewaktu-waktu. Lalu apa saja sebenarnya yang menjadi penyebab AC mobil menjadi tidak dingin? 

1. Freon Habis atau Berkurang 

Seharusnya Freon tidak dapat habis atau berkurang kecuali memang ada kebocoran pada sistem AC. Biasanya kebocoran terjadi pada sambungan pipa sil o ring yang sudah lapuk. Selain itu kerusakan pada compressor juga dapat menyebabkan keluarnya Freon dari sistem. 

Freon ini sangat sensitif dan mudah keluar dari sistem AC jika ada kebocoran. Sekecil apapun kebocoran yang terjadi akan mengakibatkan Freon mudah keluar dan tentu saja lama-lama akan habis. Sehingga AC menjadi tidak dingin lagi. 

2. Kerusakan pada Kompresor 

Salah satu penyebab kerusakan pada kompresor adalah kondisi kompresor yang sudah aus atau jebol. Kerusakannya dicirikan dengan tekanan AC yang tidak lagi normal. Selain itu, bagian sight glass juga akan terlihat hitam. Bagian hitam tersebut juga menjadi indikasi dari expansion valve atau receiver dryer yang tersumbat kotoran. 

Bagian yang berhubungan dengan kompresor yang turut andil mengakibatkan kerusakan pada AC adalah fanbelt. Kerusakan pada bagian ini menyebabkan terputusnya saluran antara pusaran mesin ke kompresor. Sehingga kompresor tidak dapat berputar. Hasilnya, Freon tidak dapat diedarkan ke seluruh ruangan sehingga udara menjadi panas. 

3. Kotoran pada Kondensor 

Ketika Anda melakukan service AC mobil, bagian yang akan dilihat oleh montir adalah ada atau tidaknya kotoran pada kondensor. Jika kondensor kotor atau bahkan berkarat akan membuat kinerjanya menjadi tidak maksimal dalam membuang panas yang dilepas kompresor. Hal tersebut membuat proses kondensasi menjadi tidak maksimal dan AC menjadi kurang dingin. 

4. Sumbatan pada evaporator 

Masalah utama pada AC mobil adalah sumbatan oleh debu. Blower yang terhubung langsung dengan evaporator membuat debu atau kotoran lain mudah menempel. Jika terjadi penumpukan kotoran dan debu akan mengakibatkan aliran udara yang dihembuskan blower akan terhambat. 

Sehingga sistem AC menjadi tidak lancar dan Bisa juga hambatan yang dialami Evaporator adalah karena filter dingin yang dihasilkan menjadi berkurang atau bahkan hilang. Maka periksa dan bersihkan bagian ini dengan teratur. 

5. Kerusakan pada motor extra fan 

Saat AC mobil terasa kurang dingin, salah satu komponen yang dapat Anda cek adalah motor extra fan. Ketika AC mobil dinyalakan, Anda dapat melihat apakah extra fan yang posisinya terletak di depan kondensor berputar atau diam. Berkurangnya putaran atau bahkan tidak berputarnya extra fan inilah yang membuat suhu menjadi panas. 

Kerusakan pada extra fan pada akhirnya membuat proses kondensasi pada kondensor tidak berjalan. Ataupun masih dapat berjalan namun tidak maksimal. Sehingga udara yang dihasilkan masih berupa panas dari kompresor. Maka bukannya udara dingin yang diedarkan melainkan udara panas. 

Demikian beberapa penyebab AC mobil tidak dingin. Anda harus mengecek berbagai komponennya secara berkala ya. Terutama yang berhubungan dengan kebocoran. Selain itu upayakan selalu bersihkan kotoran untuk menghindari penyumbatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali 5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin "

Posting Komentar